Perusahaan  jasa  security meningkatkan tingkat kenyamanan dan keamanan sebuah perusahaan karena seorang sekuriti memegang peranan penting sebagai pengemban amanat sebagai pengembang dan pembentuk citra baik sebuah perusahaan. Perusahaan jasa security dan personelnya merupakan pasukan garis depan yang dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan juga mengamankan segala macam produk dan asset-aset perusahaan. Ketenangan, keteraturan dan keselamatan kerjapun menjadi tugas pokok sekuriti. Demi kelancaran pengamanan dan kinerja semua aspek perusahaan, maka jumlah pasukan sekuriti haruslah memenuhi kuota sebuah perusahaan. Jangan sampai perusahaan besar hanya mempunyai sedikit pasukan sekuriti. Selain kuantitas, kualitas pasukan sekuriti juga seharusnya memenuhi target dan standar yang sudah ditentukan oleh pihak kepolisian Republik Indonesia.

Karena satuan sekuriti harus membawa perlengkapan pengaman, seperti borgol dan pentungan, maka surat ijin untuk membawanya sangat diatur dalam peraturan-peraturan yang ada. Setiap perusahaan harus menciptakan imej tentang sekuriti yang tegas tetapi ramah.  Selain untuk pengamanan, dia harus mampu mengimbangi jika ada tamu yang bertanya tentang jalan ataupun suatu ruangan. Sekuriti harus melakukan tugas ini dengan tegas dan penuh senyum agar customer merasa senang dan bahagia dengan pelayanan. Sistem semacam ini sudah mulai diaplikasikan pada bank-bank di seluruh Indonesia. Coba sekali-sekali anda perhatikan tentang kesigapan mereka dalam membuka dan menutup pintu untuk customer, mempersilahkan dengan senyum ramah, membantu mengambilkan nomer antrian, dan lain-lain.

Perusahaan  jasa  security  merupakan pencetak calon-calon satuan sekuriti yang kompeten dan berdedikasi tinggi, mereka juga akan diberikan beberapa pelatihan dan seminar tentang bagaimana memenuhi standar yang telah ditetapkan. Selain untuk mengatasi segala macam permasalahan, para petugas sekuriti ini juga harus melakukan patroli setiap malam untuk menjaga keamanan perusahaan. Pengaturan keamanan ini harus menjadi check list para anggota sekuriti. Mereka harus mencatat semua aktifitas mencurigakan yang terjadi serta mencatat semua kendaraan baik roda dua maupun roda tiga yang keluar dan masuk ke dalam area perusahaan maupun perumahan. Ketika setelah semua karyawan keluar gedung perusahaan, satuan pengaman ini harus memeriksa seluruh pintu, jendela, lampu-lampu, AC, dan lain-lain.

Biasanya satuan keamanan atau sekuriti dibagi menjadi dua shift atau tiga shift yang bertugas menjaga objek pengamanan selama 24 jam sehari, 7 hari per minggu. Latihan-latihan diberlakukan untuk para petugas sekuriti adalah latihan PBB atau baris-berbaris, latihan bela diri untuk mengembangkan sikap percaya diri dan pembelaan diri, pelatihan fisik untuk membentuk otot pasukan, dan latihan menggunakan alat-alat keamanan.

Perusahaan  jasa  security  biasanya mengadakan pelatihan-pelatihan yang selain melatih kekuatan fisik tetapi juga kekuatan mental, seperti cara menyapa yang ramah dan menyenangkan bagi customer, cara menjawab pertanyaan yang ditanyakan oleh para customer, cara menghindari kata-kata yang kurang sopan. Para pasukan sekuriti ini dididik untuk mengesankan bahwa keramahtamahan terhadap customer lebih diutamakan daripada keamanan walaupun sebenarnya keduanya sama-sama penting. Jika para customer senang dengan perlakuan para satuan sekuriti, maka mereka juga akan mempunyai pikiran yang positif terhadap keseluruhan kinerja dari suatu perusahaan.

Cara petugas sekuriti ketika melaksanakan patroli, mereka juga harus menyiapkan data-data yang harus dicek sehingga setelah melakukan patroli, mereka akan tahu mana saja benda yang kurang terawat, hilang, atau baik-baik saja. Semua ini sangat penting bagi sebuah perusahaan karena setiap aset sangat berharga.