Jasa pengamanan semakin dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Banyak perusahaan yang  tumbuh dan berkembang, sehingga untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para konsumenya perlu adanya pembukaan kantor-kantor cabang atau unit-unit usaha di beberapa kota atau lokasi. Untuk mempercepat beroperasinya kantor-kantor cabang baru tersebut, tentunya perusahaan harus dengan segera untuk merekrut karyawan yang dibutuhkan termasuk jasa pengamanan yang benar-benar siap kerja, sehingga investasi biaya pelatihan dan waktu yang di perlukan lebih effisien dan mereka bisa langsung diterjunkan kelapangan.

Dari sinilah terlihat bisnis jasa ini sangat menjanjikan. Jika anda berkesempatan untuk membuka bisnis ini, sebaiknya anda juga menjual kualitas sehingga anda tidak akan merugikan pihak perusahaan dan juga menambah jumalh kepercayaan sehingga jumlah konsumen anda akan terus bertambah. Sementara kedepan perusahaan dituntut untuk fokus pada bisnis intinya (core business) sehingga akan semakin banyak perusahaan yang akan memakai jasa keamanan secara ousourcing daripada merekrut
jasa keamanan sendiri.

Jasa pengamanan akan selalu meningkat karena beberapa factor yang ada di Indonesia, yaitu system pengamanan di Indonesia yang masih belum ketat dan belum disiplin, contohnya bisa dilihat di perhotelan. Pemeriksaan hanya sebatas tamu dan itu juga masih terlihat belum maksimal. Misalnya, ketika berhadapan dengan orang penting, petugas keamanan cenderung meloloskan dan segan untuk memeriksa barang bawaan maupun mobil mereka. Padahal sebenarnya prosedur keamanan seharusnya dilakukan tanpa pandang bulu, termasuk keluarga, teman dan orang yang dikenal sekalipun.

Selain itu, belum adanya tindakan preventif terhadap setiap barang yang masuk ke dalam hotel seperti mobil. Seperti halnya supplier yang membawa makanan (catering), pemeliharaan barang (house keeping) atau pemeliharaan bunga (florist). Banyak pihak yang menganggap bahwa celah tersebut bisa dijadikan jalan untuk dimasuki oleh para criminal, misalnya bahan peledak maupun bom. Factor lain yang membuat bisnis ini berkembang pesat adalah karena adanya potensi bisnis di Indonesia yang sangat besar dan ruang lingkup Indonesia yang sangat luas dan tersebar perusahaan-perusahaan besar yang bertaraf nasional maupun Multinasional. Perusahaan jasa ini juga ikut berkembang seiring dengan banyaknya investasi perusahaan yang ada di Indonesia.

Jasa pengamanan harus memenuhi standar untuk memenangkan kompetisi di bisnis tersebut. Perusahaan penyedia jasa tersebut harus berusaha menciptakan layanan yang terbaik bagi para pelanggannya. Itulah mengapa mereka berlomba-lomba menciptakan rasa aman mulai dari mendidik personilnya, menyediakan berbagai jenis layanan sampai mendapatkan sertifikasi yang telah diakui dunia Internasional, seperti ISO. Kunci sukses dalam memulai bisnis ini adalah dengan melatih kemampuan personilnya dalam menciptakan rasa aman bagi pelanggannya karena itulah para personil keamanan harus dilatih dan dididik agar mempunyai rasa hati-hati (awareness) yang tinggi agar mampu mendeteksi gerak-gerik atau sesuatu hal yang mencurigakan.

Selain meningkatkan hati-hati serta rasa sensitifitas dan kecurigaan kepada petugas, petugas jasa pengamanan juga harus dilatih untuk berlaku sopan dalam memeriksa tamu yang datang. Hal ini sangat diperlukan agar para tamu bersedia dengan senang hati untuk diperiksa dan kemudian berlaku kooperatif dan tetap merasa nyaman. Pemeriksaan yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur sehingga terjadi koordinasi yang baik antara petugas keamanan dan juga tamu. Mengenai sertifikasi ISO yang mulai dilirik, hal itu memang telah menjadi tuntutan dalam bisnis jasa keamanan jika menginginkan klien atau consumen dari kelas perusahaan multinasional.